Jumat, 25 Mei 2012

Pengertian dan Fungsi Alat Input Komputer


Pengertian dan Fungsi Alat Input Komputer


Mungkin kita sudah mengenal alat-alat di bawah ini akan tetapi tidak ada salahnya saya posting artikel ini untuk referensi para sahabat artikel dalam tugas sekolah maupun tugas kuliah.
Keyboard (papan ketik)
Keyboard atau papan ketik merupakan sarana untuk memasukkan perintah ke komputer yang berupa data teks. Keyboard disebut komponen input langsung karena apa yang diketikkan akan langsung diterima oleh komputer. Dalam mengetikkan perintah-perintah menggunakan keyword, pemakai harus selalu melihat monitor sebagai sarana unit display karena apa yang diketikkan di keyboard akan muncul pada layar monitor. Susunan huruf pada keyboard disusun sama dengan susunan tombol-tombol mesin ketik. Dengan tujuan agar orang yang sudah terbiasa menggunakan mesin ketik analog, tidak canggung jika menggunakan keyboard. Umumnya keyboard memiliki 104 tombol, tetapi model keyboard terbaru dilengkapi dengan tombol-tombol shortcut yang dilengkapi dengan berbagai fungsi komputasi seperti untuk internet, multimedia, dan lain sebagainya. Yang perlu diperhatikan dalam membeli keyboard adalah kenyaman tuts ketika ditekan dan harganya. Saat ini beredar keyboard Arab, Jepang dan Cina. Anda tidak perlu susah menghafalkan karakter, karena huruf-huruf tersebut telah dituliskan di atas masing-masing tuts.
Mouse
Mouse merupakan salah satu jenis komponen input pointing device, yaitu alat penerima input yang berasal dari getaran suatu benda atau kilatan cahaya. Alat tersebut dihubungkan dengan komputer, dan jika alat tersebut digerakkan, maka akan memberikan sinyal tertentu pada komputer, sehingga bisa digunakan untuk memberikan instruksi sesuai yang diinginkan pemakai
Setiap gerakkan yang diberikan terhadap mouse akan berpengaruh terhadap posisi cursor atau pointer layar monitor. Sekarang ini teknologi semakin canggih, dan sudah muncul mouse tanpa kabel yang menggunakan teknologi inframerah. Dengan teknologi tersebut, mouse dapat digunakan seperti remote control yang bisa mengendalikan operasi komputer dengan jarak yang cukup jauh.
Scanner
Scanner merupakan piranti input yang memindahkan atau mengonversi objek gambar ke dalam objek digital. Ada beberapa jenis scanner yang paling umun dipasaran saat ini antara lain adalah flatbed scanner, shetfeed scanner, photo scanner, film scanner, dan drum scanner.
Light pen
Yaitu sebuah alat input yang berbentuk seperti bolpoin, di mana dia menentukan posisi kursor layaknya sebuah mouse. Kita tinggal melihat hasil pergeserannya di layar monitor.
Touch Screen
Merupakan alat atau media input yang berupa layar sentuh, di mana setiap bagian dari layar terdapat sensor sentuh yang tipis, setiap sentuhan yang diberikan ke layar bisa disamakan dengan
kita mengklik mouse. Biasanya digunakan pada peralatan PDA, Smartphone dan juga komputer-komputer dengan tujuan khusus.
Barcode wand
Adalah alat input yang biasa digunakan di toko-toko atau pusat perbelanjaan, alat ini bertugas untuk membaca identitas sebuah barang yang dikodekan dengan barcode. Barcode dibaca oleh barcodescannerdan hasil dari pembacaan tersebut akan dicocokan dengan data yang ada di dalam database.
Floppy disk drive
Sebuah alat yang “hampir” hilang dari peredaran dikarenakan keperkasaan flashdiskatau storage portable. Waktu itu merupakan alat input yang digunakan untuk membaca data dari floppy disk. Komponen utamanya adalah lensa head dan motor.
Optical drive (CD/DVD ROM)
Merupakan alat input yang digunakan untuk membaca data dari sebuah media CD atau DVD. Alat ini mempunyai komponen utama sebuah optic, yang akan memancarkan sinar kemudian membaca apa yang termuat di dalam CD/DVD.
Alat input komputer diatas hanya sebagian dari sekian banyak alat input komputer, mungkin di lain waktu saya akan memposting alat input komputer yang lainnya, semoga artikel kali ini bermanfaat. Terima kasih
ini adalah Gambar Alat Input  Komputer :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar