Jumat, 25 Mei 2012

Cara sharing CD/DVD-Writer melalui Jaringan


Cara sharing CD/DVD-Writer melalui Jaringan

Cara sharing CD/DVD-Writer melalui Jaringan -
Saat ini sebagian besar komputer/laptop sudah memiliki CD-writer/disk burner (pembakar cd/dvd), tapi kebanyakan netbook atau dibawah kelas notebook tidak tersedia cd/dvd-writer ataupun cd/dvd-rom. agak repot juga jika kepingin menyalin file atau pun film ke CD/DVD, kita harus menyalinnya terlebih dahulu ke flashdisk/eksternal harddisk dan dihubungkan ke komputer yang mempunyai CD/DVD-Writer, Alangkah baiknya jika CD/DVD-writernya bisa disharing melalui jaringan (network).
Paragon Net Burner merupakan sebuah perangkat lunak yang memungkinkan kita berbagi (sharing) CD/DVD Burner melalui jaringan (network), yang memungkinkan komputer client bekerja pada cd/dvd writer layaknya terkoneksi secara fisik ke komputernya dengan menggunakan teknologi SCSI.
Meskipun saat ini saya belum menggunakan aplikasi Net Burner ini, tapi saya berfikir ini adalah perangkat lunak yang menarik dan dapat membantu kita untuk menghemat uang tanpa perlu membeli lagi sebuah CD/DVD Writer (burner) baru jika salah satu di komputer jaringan telah ada CD/DVD-Writer (burner).
Pada salah satu langkah instalasi yang meminta Anda untuk memilih komponen yang harus diinstal. Anda dapat memilih apakah Anda ingin menginstal instalasi klien, instalasi server atau instalasi penuh yang berisi kedua modul. Instalasi server untuk komputer yang secara fisik melekat pada pembakar disk sementara klien adalah tanpa pembakar disk. Cara terbaik adalah untuk menghindari menggunakan instalasi penuh karena tidak ada gunanya menginstal layanan server pada komputer klien. Pastikan untuk membuka port: 9260, 9261 dan 9262 yang di blokir firewall untuk memungkinkan komunikasi antara klien dan sisi server Net Burner.
Tidak ada yang perlu dilakukan pada sisi server. Adapun di kliennya , setelah instalasi, peluncuran Net Burner dari area notifikasi dan secara otomatis akan mencari CD/DVD yang disharing. Jika tidak ditemukan, kemungkinan Windows Firewall dapat memblokir program ini. Nonaktifkan dahulu Windows Firewall.


Pembakar CD/DVD yang terhubung ke komputer client layaknya seperti CD/DVD fisik yang terkoneksi langsung, di windows explorer akan terlihat CD/DVD-writer dan juga di device manager akan nampak sebuah SCSI CDRom Device.


Untuk men-download Paragon Net Burner, Kita harus melakukan pendaftaran satu kali. Link download akan dikirim ke email Anda bersama dengan Nomor Produk Key dan Serial. Anehnya kita tidak perlu menggunakan Product Key dan Serial Number sama sekali.


Sumber : http://cyber-benyo.blogspot.com/2012/02/cara-sharing-cddvd-writer-melalui.html#ixzz1vruu2YjC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar